Minggu

Google+1 adalah - cara memasang google + 1

Secara simple google+1 adalah tombol voting seperti halnya tombol facebook like . Atau dengan bahasa lain yang dinamakan google + 1 button adalah facebook like ala google.

Cara pasang google+1 :

Seperti halnya tombol fesbuk, cukup menambahkan kode berikut pada halaman situs/blog anda, terserah dimanapun tempatnya. Untuk pengguna blogspot (blogger.com), Kalau anda mau memasang google + 1 ini pada tiap artikel posting anda dan terletak di bagian bawah post, maka letakan kode berikut setelah kode <data:post.body/> - tapi ini untuk template versi lama seperti yang saya gunakan disini (karena sekalian nulis sekalian pasang kode), untuk template versi baru dari para disainer blogger.com saya belum sempat lihat posisinya... Nanti deh akan saya update artikel ini. - (dah update, baru saja saya lihat template versi baru juga sama posisinya)

Berikut kode google+1 yang mesti ditambahkan :

<script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>
<g:plusone></g:plusone>


Yah, diatas adalah sekilas dan secara simple untuk menerapkan google+1, untuk info lebih detil atau kustomisasi seputar kode google + 1 itu silahkan langsung ke http://www.google.com/+1/button/

Apakah dampak kehadiran google + 1 ini terhadap SEO?

Pendapat saya pribadi, gagasan google ini masih belum jelas juntrungannya, jadi menurut saya sama-sekali nggak ngaruh sama SEO maupun traffic. Lha wong cuma voting, dari dulu juga , backlink merupakan bentuk voting.

Jika hanya oleh banyaknya voting algoritma google akan memberikan nila plus (+) terhadap upaya mendongkrak SERP (search engine results page / ranking keyword situs di mesin pencari), maka enak buanget...yang banyak temen akan bisa naik SERP-nya biarpun isi artikelnya cuma nyamuk goreng atau bahkan produk jablay generator ..., dan para black hat seo mania atau para programmer sebentar saja bisa membuat aplikasi auto klik untuk ngeklik tombol google+1 itu , seperti halnya software twitter bomb, atau bisa juga membuat akun google yang banyak, dan lalu di klik sendiri sebanyak-banyaknya dengan berganti-ganti IP proxy...hehe...itu cuma sekilas analisa dan dugaan saya...Google +1 ini pun memang masih dalam versi ucji coba katanya...

Well...

3 komentar:

  1. Jadi fungsi Google + 1 itu mirip digg kali ya.. Hanya untuk vote aja.

    BalasHapus
  2. mas contohnya mana sich? apa mas ga masang +1 nya?

    BalasHapus
  3. @ arie...
    Emang ga kelihatan ya? hehe.. coba ganti browser atau pindah komputer

    BalasHapus