Kamis

Merah Delima - Batu Ruby Bernuansa Mistik

Yang sebenarnya disebut batu merah delima saya nggak ngerti, tapi yang pernah saya baca dari sebuah buku ensiklopedia, mirah atau merah delima adalah sebuah batu yang secara unsur alam memiliki jenis batu ruby (bukan Ruby bahasa pemrograman :D) . Sedangkan yang suka di sebut batu "merah delima" oleh masyarakat indonesia sebagai batu yang mengandung unsur mistik atau gaib adalah, konon katanya batu yang terbentuk dari fosil biji buah delima,jutaan tahun lalu ,lalu batu itu di miliki oleh seorang tokoh sakti, maka aura sang tokoh sakti itu menempel pada batu dari biji delima itu..

Gitu menurut buku ensiklopedia yg saya baca itu.

mistik pocong indonesia
merah atau mirah delima
batu ruby unsur merah delima

19 komentar:

  1. dari jaman dulu sampai skr kebiasaan org indonesia selalu mengkeramatkan sesuatu mulai dari senjata tajam sampai baju sekalipun kaya baju raja2 terdahulu...Apalagi batu contohnya cincin yang bermatakan batupun banyak dianggap sakti dan mempunyai kekuatan luar biasa oleh si pemakainya..percaya atau tidak, perlu dikaji lagi kebenarannya..

    BalasHapus
  2. Ruby termasuk salah satu batu permata yang paling berharga selama berabad-abad. Darah merah ruby Burma telah digunakan dalam perhiasan mahkota raja-raja dan bangsawan sejak ruby burma pertama ditemukan. Darah merah batu permata menyimpan semangat dan keinginan yg menyala kecil, Ruby Burma merupakan barang berharga untuk ribuan tahun.

    Attributes

    Origin


    Burma, Burmese, Myanmar

    Color


    red, blood red, vivid red, pigeon blood red, pinkish red, orangey red, loose Burmese ruby gemstones come in all shades of red.

    Refractive Index


    1.759-1.778

    Chemical Composition


    AL2O3

    Hardness


    9

    Density


    4

    Crystal Structure


    Trigonal

    Zodiac Sign


    Leo

    Planet


    Sun

    Month


    January

    Anniversary


    5th and 45th



    Sapphire dan Ruby Burma keduanya korundum, Sapphires semuanya korundum kecuali warna merah. Korundum merah disebut ruby, ruby Burma berasal dari Burma. Meskipun korundum adalah murni tanpa warna, sapphire merupakan hasil dari kombinasi titanium dan besi oxides. Sapphire adalah salah satu yang paling penting dari semua longgar berwarna gemstones masuk dan kejujuran dari berbagai warna: biru, pink, kuning, hijau, ungu, orange, padparadscha, biru, hijau, kuning lemon, warna berubah, dan warna hitam.

    Satu alasan kenapa Ruby Burma menjadi batu permata yang popular yaitu gairah warnanya. Warna adalah satu-satunya faktor paling penting dalam menentukan nilai suatu Ruby Burma. Memang, warna Ruby adalah lebih penting dibandingkan kejelasan. Burma rubies jarang bersih dan bahkan sangat mahal. Perbedaan warna yang dapat membuat variasi dari penilaian terhadap Ruby Burma.


    Kata Ruby berasal dari bahasa Latin untuk kata merah - ruber. Mereka adalah bentuk korundum yang murni tanpa warna dalam negara. Warna merah Burma yang dihasilkan oleh kecil bekas kromium. Besi bekas membuat warna coklat. Meskipun Burma, Afrika, Thailand dan Kamboja terlihat sama dari kimia dan fisik properti, tapi mereka tampak berbeda dalam warna dan corak, dengan merah ruby Burma menjadi batu permata yg berkualitas. Ruby Burma menampilkan benar merah ke warna merah kemerah-merahan pada kebanyakan jenis cahaya. Afrika, Thailand dan Kamboja rubies biasanya lebih gelap dan berwarna coklat mirip dengan warna merah tua.


    Perawatan

    Perawatan baru yang digunakan untuk menghasilkan warna biru, pink, kuning dan orange sapphire batu yang lebih kontroversial. Pengobatan baru ini adalah proses difusi-panas yang stabil dan mungkin atau tidak sepenuhnya menembus batu. Warna dicapai melalui proses yang mencakup penambahan unsur-unsur asing untuk mencapai perubahan warna yang diinginkan.

    Untuk mencari halus merah ruby dari Mogok yang belum mengalami peningkatan suhu tinggi adalah untuk mencari benar-benar batu permata yang langka dan berharga.


    Ada dua effect optik yaitu pertama adalah kemurnian dan saturasi warna merah yang umum ini jarang dimiliki jenis-jenis batu permata. Kedua adalah kuatnya reaksi ultraungu cahaya yang menambahkan merah berseri ke batu permata bila dilihat dalam cahaya alami. Menempatkan dua bersama-sama dan Anda tak memiliki kombinasi warna sumber sehingga berpijar merah yang tidak ditemukan di tempat lain di alam.



    Mitologi

    Dengan mitos, legenda, kepercayaan, superstitions, tradisi dan perlambangan yang berhubungan dengan Burma ruby sapphire. Yaitu legenda bahwa orang pertama yang telah memakai Sapphire Prometheus, saingan dari Zeus, yang mengambil batu permata dari Cacaus, di mana dia juga mencuri api dari langit untuk manusia.

    Dikenal sebagai "Gem of Heaven", Persia kuno percaya Sapphires merupakan tumpuan dari chip yang didukung bumi, dan bahwa reflections langit yang memberi warna.

    BalasHapus
  3. Untuk lebih jelasnya koleksi batu permata seperti batu zamrud (emerald), batu safir (sapphire), batu ruby (merah delima), batu cat eyes (mata kucing), dan berlian / batu intan (Diamond). bisa lihat di :
    HTTP://WWW.BATUPERMATASHOP.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  4. mau tahu tentang koleksi batu permata seperti zamrud / emerald, safir, ruby / merah delima, berlian / batu intan (Diamond) dan batu cat eyes bisa lihat di :
    WWW.BATUPERMATASHOP.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  5. Anonim05:53

    batu merah delima yang asli itu hanya ada di sungai nil yang di buang oleh malaikat jibril, maka kita jangan mudah tertipu, memang terkadang ada batu yang mempunyai kekuatan mistik, tapi itu bukan bererti merah delima,

    BalasHapus
  6. Anonim00:01

    kenbae atuh,sirik wae manehmah ari teu boga batu merah dalima,"bisi hoyong" merah delima ,hiyap ka dieu ?

    BalasHapus
  7. Batu merah delima itu sebenarnya merupakan salah satu jenis batu ruby yang memiliki warna merah seperti isi buah delima matang. Warna ruby seperti itulah yang banyak dicari para kolektor batu mulia, lebih-lebih kalau starnya muncul..bisa waw harganya! salam batu mulia kawan semua!

    BalasHapus
  8. merah delima memang dasyat, banyak yang coba mencari batu jenis ini

    BalasHapus
  9. Anonim07:14

    merah delima, rubi, ruby adalah batu yg sama. seperti kalimaya = opal, jamrud = emerald, biduri bulan=moonstone. barangnya sama, bahasa beda. yg dimaksud merah delima (secara metafisika ) adalah batu berwarna merah(bisa jadi ruby, bisa jadi mirah siam/mitasi ruby) yg berisi(/diisi) khodam. hanya saja sebagian orang indonesia pemalas, pengennya punya duit banyak, kerja keras gak mau. akhirnya nipu, dan main mistik. yg membuat merah delima mahal adalah khodamnya, bukan yg lain. sampai sekarang saya belum pernah mendapatkan informasi, bahwa "merah delima" (yang dimaksudkan "asli" / berkhodam)disertifikatkan, untuk mendapatkan data secara teknis sebenarnya batu apakah itu.

    BalasHapus
  10. Bagaimana cerita atau kepercayaan tentang batu merah delima yang mengandung unsur mistik atau gaib ini berkembang di masyarakat Indonesia? visit Telkom University

    BalasHapus