Minggu

Menganalisa Kemauan Search Engine - Prediksi Algoritma SEO

Meningkatkan traffick search engine
Mudah-mudahan tulisan saya ini tak membuat kecemburuan para isteri, karena kenapa tak dibuat mengenai mengnalisa kemauan isteri oleh para suami.
Dalam rangka memahami SEO Seperti kita tahu bahwa Algoritma sebuah Search Engine seperti Google selalu di update dalam rangka untuk mem-filter beberapa parameter atau trik yang mungkin bisa di manipulasi (black hat SEO) oleh webmaster atau para pelaku SEO untuk supaya mendapatkan top ranking di sebuah sret enjin . Dan telah banyak para webmaster ataupun pakar SEO yang membuat kategori dalam bentuk point-point yang membentuk suatu acuan untuk meng-optimalkal suatu website memperoleh ranking sebaik mungkin di sret enjin ini, tetapi seperti halnya yang lain saya juga membuat konsep atau kategori sendiri berdasarkan pengalaman pada web-web saya sendiri .
Berikut di bawah ini point-point yang bisa menjadi pertimbangan untuk mlakukan optimasi SEO pada website atau blog :


1.Penggunaan keyword pada title meta tags ,yang alami serta nyambung dengan Title dan Deskripsi web ,yang sudah pernah saya bahas di blog ini.

2.Kualitas RSS Submission , yang saya maksud meletakan RSS atau blog direktory di web-web yang mempunyai ranking dan popularitas paling baik sangat pula menentukan popularitas serta ranking web kita di search engine , situs RSS yang punya ranking baik ini misalnya, Technorati, Feedburner,Blogcatalog,Mybloglog, Lintas Berita, karena hal ini akan membentuk suatu jaringan atau imperium dari wilayah web kita sehingga mudah di cari dan kenali oleh para robot crawl.

3. Popularitas link secara global dari jaringan website yang memberikan linkback.
Hal ini mirip dengan poin No.2 diatas, yaitu bila kita mendapatkan linkback dari web yang memiliki PR (PageRank) tinggi, mislanya 6 keatas juga akan sangat berpengaruh pda popularitas web/blog kita di search engine.
Ilustrasi untuk point 2 dan 3 di atas ibarat Si Tukul Arwana dulu sebelum terkenal meskipun tampangnya jelek dan kampungan (sory ,Kul..sesama orang jelek jangan marah ya...) tapi karena nongkrong di tempat2 terkenal dan bergaul dan di kenal orang2 terkenal maka si Tukul inipun ikut jadi terkenal...

4.Usia Website sejak di Indeks
Ini menurut analisa saya juga sangat berpengaruh, yaitu lamanya waktu sejak pertama kali web kita di temukan search engine (bukan lamanya sejak registrasi domain), karena hal ini berhubungan dengan ke-orisinil-an atau nilai keyword yang di pakai. Misalnya saya hari ini memposting artikel dengan judul "Setan Gundul Dari Planet Mars" , dengan keyword setan gundul, setan planet mars....etc...maka untuk waktu yang akan datang bila ada yang memposting tema serupa kemungkinannya tidak akan mengalahkan ranking artikel saya itu yang terlebih dulu di posting.

5. Penggunaan Anchor text baik pada inbound maupun outbond link.
Ini juga sudah sering saya bahas , misalnya web kita memiliki tema utama "Jualan Makanan", maka penggunaan Anchor Text "Makanan DODOL" akan lebih dikenal sret enjin di banding menggunakan Anchor Text "Cara membuat Template". Karena secara nalar logika tentu kita paham bahwa sret enjin pasti akan meng-crawl berdasarkan kategori website (titile,deskripsi,nama url) yang terdaftar, sebagai acuan keyword yang di ketikan orang di sret enjin.

6.Efisiensi dan efektifitas Tag
Semakin sedikit Tag atau Kategori yang relevan dengan keyword Title Tag dan Tema Utama Situs tentu akan mendapat voting yang lebih baik dari searh engine di banding kebanyakan tag yang tak relevan dengan situs kita ...Biasanya maksimal sekitar 30 tag yang di perbolehkan search engine. (saya pernah mendaftarkan sebuah blog dengan 70 tag ke google ditolak, lalu saya kurangi menjadi 30 tag baru di terima)

7.Kualitas dari inbound link
Banyaknya traffic dari web-web yang memberikan linkback ke web kita tentu lebih memberi pengaruh popularitas web kitaa pula di sret enjin di banding linkback dari web-web yang traffic-nya sedikit. Tapi buat saya pribadi sebagai blogger tak perlu terlalu memperhitungkan masalah ini, karena sebagai blogger bertukar link juga dalam rangka persahabatan yang akhirnya juga akan mendapatkan berbagai keuntungan posittif pula nnantinya.

Semoga bermanfaat
Iwan


8 komentar:

  1. Hihihihihi..... sangat bermanfaat...... aku dulu gak tau, kalo dikasih tags banyak-banyak itu bisa ditolak.... huakakakakak....

    Kalo usia web berpengaruh, kasian saya dunks... saya kan pemula dan orang baru...:(

    BalasHapus
  2. Ulasan nya sangat ahli banget....
    Top Markotop...........
    Success!

    BalasHapus
  3. Semakin sangar aja tulisan mu suhu..jadi merinding membacanya..

    BalasHapus
  4. aku akhir2 ini susah blogwalking jd susah dpt temen br buat tukeran link. HUEEEE cedih

    BalasHapus
  5. Hua .. haha.. keren bos..

    BalasHapus
  6. Tulisan yang ditunggu-tunggu telah tiba ...
    Susah juga membatasi TAG soalnya pikiran kadang nggak bisa fokus ... amburadullah si-Blog :)

    BalasHapus
  7. Mantabh jnj artikelnya.. maju terus blogger indonesia

    BalasHapus
  8. terimkasih informawsinya pak sangat inspiratif dan bermanfaat

    BalasHapus