Kamis

Plugins bagus untuk membangun situs web 2.0 dengan wordpress

Ah, saya nemu artikel lama tapi saya pikir bermanfaat, maka saya arsipkan disini untuk bahan bacaan saya sendiri dan pembaca yang kebetulan mampir kesini, namanya juga blog seo santai aje.

Yaitu tentang cara membangun komunitas web 2.0 dengan wordpress themes aja. Secara dasar tanpa diutak-atik atau ditambahi plugin juga platform wordpress sudah merupakan CMS yang siap saji untuk sekedar membangun komunitas, tapi jika mau lebih di-idealkan seperti umumnya web 20 ya perlu di-utak-atik atau ditambahin plugin ini , supaya lebih menarik dan interaktif.

Secara simple, yang dimaksud membangun komunitas dalam hal ini adalah supaya situs kita bisa menjadi ajang sharing, diskusi, opini dan sejenisnya tapi hanya sebatas pada wilayah kolom komentar saja, makanya disinilah perlunya si plugins itu, yaitu untuk membuat wilayah komentar menjadi menarik dan interaktif . Kalau mau lebih jauh supaya orang bisa memposting artikel ya silahkan saja, kalau anda mau tinggal mengatur setingan admin atau menambahkan form registrasi user [untuk yang ini , mungkin nanti akan saya bahas dalam artikel tersendiri, karena agak panjang -lebar , untuk jenis situs berbasis web komunitas ini saya sendiri lebih familiar dengan platform PHP-Nuke karena menurut saya si Nuke ini sangat praktis dan powerfull untuk keperluan ini]


Langsu saja berikut plugins yang diperlukan:
Copas dari :http://aaheroe.info

Yang dibutuhkan :
1. Plugin Comments
Komentar penting buat pengembangan komunitas ? tentu saja !
berikut daftar beberapa plugin yang harus kamu install

a. Plugin Brian's latest Comment - akan menampilkan komentar-komentar terakhir dari pengunjung
b. Brian’s Threaded Comments - akan mengubah tampilan komentar di blog menjadi model threaded ala forum.
c. Comment Karma - dengan plugin ini maka pengunjung dapat memberikan rating atau nilai buat setiap komentar yang ada di blog kita.
d. Show Top Commentators - menampilkan daftar komentator-komentator yang paling sering "nyepam" di blog kita.
e. Subscribe to Comments - memungkinkan pengunjung menerima update dalam bentuk email apabila ada orang lain yang memberikan komentar dalam artikel atau posting tersebut.
f. MoreSmilies , mungky smile atau tuzki smile - menambahkan smile yang lebih menarik buat blog kita, untuk tuzki smile ( yang dipakai di blog cosa ) belum support wp 2.5

g. Comvatar — plugin untuk menampilkan avatar komentator. Plugin sejenis adalah Gravatars dan Favatars.

2. Rating System :

Wajib buat Web berbasis komunitas atau web 2.0 yang memungkinkan pengunjung berpartisipasi memberikan pendapat atau nilai buat apa yang anda informasikan .

a. WP-Post Ratings - plugin rating paling terkenal - wajib di install .
b. Popularity Contest - akan memberikan rangking pada setiap post berdasarkan popularitas - sangat mudah di install

3. Sharing dan subscribe System

Dengan ini kita memberikan kesempatan kepada visitor untuk dapat membantu mempromosikan blog kita dan juga salah satu peralatan menjaring komunitas loyal.

a. sharethis - plugin yang memudahkan visitor mensubmit ke puluhan social bookmarking .

b. What Would Seth Godin Do - salah satu cara untuk menjaring visitor untuk subscribe ke rss kita

c. wp-email - memungkinkan visitor mengirim postingan kita ke orang lain lewat email

dengan semua plugin2 diatas maka kita sudah siap untuk membangun website 2.0 dengan wordpress secara mudah dan gratis pula :D

lebih baik bukan dari pada dibiarkan default dengan plugin ala kadarnya dengan kategory, archieve, dan dengan template default pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar