Sabtu

Kalau bikin kontes SEO sebaiknya gunakan IP adress google, jangan nama domain

Kita tahu bahwa google mengalokasikan banyak IP address untuk tiap nama domainnya baik google.com, google.id , maupun google-google dari semua negara dengan ID-nya masing-masing, saya kira tujuannya untuk mencapai kecepatan akses yang maksimal disesuaikan dengan lokasi server google terdekat berdasarkan negara masing-masing, tujuan lainnya tentu untuk mempermudah para pengguna google dalam hal mendapatkan informasi secara lebih akurat dan nyaman sesuai menejemen dalam wilayah internet backbone masing-masing negara.

Saya tulis ini karena tadi merasa lucu ngecek SERP untuk kontes SEO yang saya ikuti dengan keyword "Win real money playing online slots at Karamba.com" , kontes itu menggunakan domain www.google.com , saya cek di google.com dari IP komputer/internet saya ada di urutan 4 , lalu saya cek lagi dari IP negara lain dengan domain google.com juga ada di urutan 8 , dan saya cek dengan IP asli google data center yang berlokasi di markas google sendiri di New York, yaitu http://66.102.7.104 , artikel saya ada di posisi 1 , dan memang acuan saya untuk google.com adalah IP 66.102.7.104 saja, karena itu kan pusatnya.

Jika menggunakan www.google.co.id yang saya tahu biasanya pada IP 74.125.71.147 , memang biasanya tidak mengalami perubahan, tapi menurut saya sebaiknya sebuah kontes SEO menggunakan IP address, karena kita tidak tahu bilamana google melakukan routing IP pada google.co.id karena suatu hal . Tapi jika menggunakan google dot com, saya benar-benar menyarankan untuk memakai IP address sebagai juri dalam kontes SEO . Dan memang itulah yang dilakukan para webmaster profesional bila mengadakan kontes SEO , seperti dulu SEO Contest Busby SEO Test , Webthesurfi Webdesign, etc...

Untuk mengetahui google data center IP address, disini: google IP , untuk mengecek lokasi server dari IP disini: Check Lokasi IP




2 komentar: