Selasa

Copas artikel orang salahkah - Etika menulis dan ngeblog

cewek copasSaya posting opini ini atas inspirasi dari seorang sahabat yang meminta pendapat saya karena dia di kritik dan di komplen dengan nada tidak nyaman, karena telah melakukan copas artikel lain.


Masalah etika menulis

1-Jika anda termasuk orang yang tidak suka tulisannya di copas (copy-paste) oleh orang lain , maka sebaiknya anda urus hak cipta anda ke lembaga terkait, sehingga nanti jika ada yang copas artikel anda itu, tinggal anda tuntut secara hukum...selesai...praktis bukan..?

2- Jika anda tidak memiliki lisensi hak cipta resmi, tapi tidak ingin di copas oleh orang lain sama sekali , saya anggap ini sifat aneh dan tak tau diri , mau hasil tapi tak mau resiko.

3- Jika anda memiliki artikel , tak ada hak cipta resmi , dan boleh di copas tapi asal mencantumkan sumbernya, dan ada orang yang melakukan copas tanpa mencantumkan link anda sebagai sumbernya, maka sebaiknya tegur dia secara bijak dan private, tak usah di publikasikan untuk menjatuhkan tukang copas itu , kecuali sudah di tegur masih nekad, maka menurut saya hak anda untuk memaki-maki sesuka anda.

4- Bagi yang punya hoby melakukan copas, sebaiknya berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik dan berkualitas hari-demi hari , tak ada manusia yg tak luput salah, tapi perbaikilah kesalahan itu, sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri dan orang lain.


Kadar intelektualisme orang indonesia masih bocah

Secara umum atau mayoritas , kadar intelektualisme kita orang-orang indonesia ini ibarat masih bocah (anak-anak) yang sedang belajar dan tumbuh dewasa , apalagi dunia internet, masih relatif baru di indonesia . maka maklumlah jika masih banyak saudara2 kita yang secara etika berbuat tak pantas seperti melakukan copas itu, karena memang masih bocah yang sedang dalam proses dewasa, ibarat anak-anak yg sering melakukan berbagai kenakalan akbit dari ketidak mengertiannya terhadap apa yang di lakukan. Maka bagi yang merasa kadar intelektualnya lebih baik, dan telah paham berbagai norma-norma dan etika di dunia internet dan menulis , bisa memberi contoh dan arahan dengan cara yang baik dan bijak.

Untuk saya sendiri tak pernah mempermasalahkan jika artikel saya di copas total tanpa di sebut sumbernya, karena misi saya cuma sharing .

Masalah etika tak akan ada habisnya di bahas dan di perdebatkan, dan biasanya akan muter-muter disitu aja .

So, buat saya yang baik adalah kembangkan sifat persahabatan dan tak perlu memunculkan masalah yang seharusnya tak perlu dan tak bermanfaat.

Jablay Miyabi aja fotonya di tempel di mana-mana tak protes :D


3 komentar:

  1. satu lagi aku tambahin :

    5. Kalo ga mau di copas, jgn taruh di internet yg banyak diliat org, simpen aja dibuku.Aman...!!!

    BalasHapus
  2. Lam kenal...makasih atas masukannya...Tp mo tanya nih...Apakah copas lirik lagu bisa dibilang gak beretika?

    BalasHapus
  3. ketepan lewat kok artikelnya bagus banget, jadi pingin baca...makasih atas info n sarannya bro...
    good luck aja dech!!

    BalasHapus