Rabu

Browser yang paling bagus

Jika saya ditanya browser apa yang paling bagus untuk berselancar di internet..? , maka jawaban saya, " tergantung keperluanya...dan bagus dari segi apa-nya...?"

Saya secara berkala membuka dan memerikasa blog-blog saya dengan berbagai browser yg sy pikir banyak di pakai orang, seperti mozilla firefox, internet explorer, opera,safari,netscape.  saya melakukan pemerikasaan seperti itu tentu karena pertimbangan bahwa para pengunjung/pembaca blog-blog sy menggunakan atau familiar dengan browser yang berbeda.  karena memang faktanya sebuah halaman website/blog akan memiliki performance yang berbeda bila di buka dengan browser satu dan lain-nya,  bahkan karena faktor teknis dari disain/template sebuah situs bisa tampil ancur-ancuran pada sebuah browser tertentu.

Mungkin kita para neter, blogger, webmaster bisa mengatakan atau familiar dengan browser-browser ngetop seperti firefox atau opera, akan tetapi fakta-nya para pengguna internet indonesia mayoritas masih menggunakan internet explorer, bahkan yg versi lama . hal ini saya ketahui karena saya sebagai praktisi teknik komputer yg sering berhubungan langsung dengan para user, yang mana mereka taunya kalau mau ber-internet ya buka internet explorer, dan tak peduli versi berapa browser ie itu. dan tentu saja jika user mengunjungi situs-situs besar yg dikelola dan di disain secara proffesional maka menggunakan browser apapun tak terlalu berpengaruh .  

Saya share ini karena sebelum nulis ini sy surfing ke beberapa situs , termasuk blog-blog rekan-rekan yg masih banyak yg hanya suport pada 1-2 browser saja, dan jika di buka dengan browser lainnya, berantakan, bahkan halamannya tak nongol...dan ini tentu bisa merupakan masalah serius jika di hubungkan dengan traffic dan bisnis pada blog-blog kita....jadi sebaiknya perlu di periksa dan di pertimbangkan template / theme yg di pakai supaya paling tidak bisa di buka sempurna pada 4 browser yg penggunanya terbanyak saat ini, yaitu, internet explorer, firefox, opera , google chrome.

Internet Explorer memang paling banyak penggunanya disebabkan karena built-in pada Microsoft Windows ,Kelebihan dari IE terutama pada kompatibilitas penuh pada JavaScript, di bandingkan Opera,Firefox, google chrome..,masalah kecepatan dari IE ini jika dikatakan lebih lambat dari yg lain, adalah karena banyaknya konsumsi memory yg di minta IE untuk keperluanya sendiri, spt update dan lainya , bahkan di windows pada "reservable bandwidth" meminta 20% dari limit bandwidth yg digunakan , untuk memaksimalkan ini bisa baca posting saya yg ini : fasterfox download  . IE ini juga terlalu banyak memberikan fitur yg bersifat non user, seperti ActiveX yang dimana memberikan hak akses yang lebih luas sehingga ada kemungkinan bisa disalah gunakan, dan sampai sy tulis ini menurut sy IE memang lebih rentan di serang virus atau hijacker, di banding firefox misalnya.... untuk IE lama memang sering bermasalah dengan disain table yg di kerjakan kurang cermat atau overflow teks , tapi utk versi 7 skrg sy lihat sudah jauh lebih baik.

Mozilla Firefox  memang browser yg powerful , tapi lebih boros memakan memory PC di banding IE atau lainnya , jadi performance firefox bisa full pada PC yg memory-nya semakin besar , sedangkan IE tetap bisa kerja maksimal pada PC yg memorynya paspasan.  dalam segala hal boleh di katakan firefox ini punya performance yg paling bagus dari browser lain jika di dukung memory yg pas, tapi dukungan JavaScript masih lebih oke IE.

OPERA , memang cantik, cepat dan powerful, hanya dukungan JavaScript tak sebaik IE ataupun Firefox .

Ggoogle Chrome, saya anggap masih biasa saja , dan saya nilai memang masih dalam tahap percobaan , seperti belum serius di tangani ,

Jika saya membuka email, forum, milis lebih nyanman pakai IE , tujuannya supaya bisa lebih leluasa mengakses bahan2 javascript yg mungkin ada, Untuk membuat disain atau ngeblog sy pake firefox karena semua fitur dan aksesoris yg di perlukan lebih cepat di dapat dengan firefox , dan semua template blogger yg sy buat sudah sy tes pada semua browser yg saya sebutkan di atas,   jika saya hanya ingin surfing , jalan2 di alam internet lebih nyaman pakai opera, karena terasa cepat dan praktis.

Dan karena sepertinya sudah cukup panjang tulisan sy ini, maka sekian dulu ,sampai artikel selanjutnya :D 

6 komentar:

  1. Anonim15:35

    Pertamax ....

    in-tips nggak asyik kalau dibuka dengan IE versi berapapun, padahal sudah ada CSS untuk mengakalinya, mau ganti themes masih males cari yang pas dihati

    BalasHapus
  2. Anonim21:18

    Setelah membaca tulisan Mas(ter) Iwan Ini, saya hanya Bisa mengAmini (Rais),...skaliana Kampanye Siapa tau masih ada yg simpati sama AR,..
    Peace Mas...

    BalasHapus
  3. Anonim06:20

    Untung templateku dah di cek di semua browser suhu, BTW gambar browser diatas bikin pengen bobok cepat nih suhu hehehe eh baru sadar templatenya baru ya suhu??

    BalasHapus
  4. mat kenal admin.informasinya menarik juga,dan blognya juga bagus dan mat maju para bloger untuk lebih berkembang untuk kemajuan.

    BalasHapus
  5. Anonim15:59

    Tu ada gambar cewe seksi mas fungsix buat apa

    BalasHapus