Kamis

Budaya ikut-ikutan - mengembangkan ide menulis dg opini

mengembangkan ide menulisSeperti kita tahu bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik ,yaitu senang ikut-ikutan, menjiplak, dan gampang terpengaruh dengan budaya luar, dari membajak berbagai alat elektronik, gaya sinetron yg lagi ngetrend di luar, sampai model kampanye pemilu seperti sekarang ini .

Lihat saja ulah para politisi yg ketara sekali ngikutin gaya kampanye Barack Obama dengan menebar sampah spanduk/baliho, menyewa para artis, membuat account facebook...bagaimana bisa masyarakat indonesia yg masih punya merek "Rebutan beras dan sembako" , mau dipaksa ngikutin gaya kampanye Obama dengan masyarakatnya yg berbudaya jauh lebih maju dan modern . Para politikus itu rupanya mau meniru kesuksesan Sang Presiden Amerika dengan gaya kampanye-nya , sambil meneriakan " ..mari kita berjuang, kita kurangi pengangguran, kemiskinan...dsj..." GUNDULMU! . tak usah disuruh dari jaman Majapahit dulu rakyat Indonesia memang selalu berjuang dan berusaha mengatasi masalah kehidupan..., saya lebih enak nonton gaya tukang obat kuat di terminal dari pada nonton dan dengerin khotbah para politisi itu...

Hidup merupakan pengabdian berdasarkan keyakinanya masing-masing , kenapa orang-orang itu napsu bener pengen dipilih jadi pemimpin , bekerja saja dan tunjukan dedikasi dan bukti karya kalian pada rakyat, niscaya tak perlu teriak-teriak + membual, maka rakyat akan memilih pemimpin berdasarkan hati nuraninya. Jika mau dilihat orang biar dibilang dermawan ya tak usah mengumpulkan orang di lapangan lalu membagi-bagikan sembako sehingga banyak nenek-nenek yg pingsan karena berebut sembako itu , tapi bisa dilakukan lebih kalem dan punya intelektual dengan melakukan distribusi ke rumah-rumah sambil memakai kaos partai atau membagikan selebaran atau menggunakan cewek cantik/artis, suruh cewek/artis itu datang ke rumah-rumah rakyat dan membagi-bagikan sembako...dengan begitu kan tak akan terjadi tragedi memalukan harga diri bangsa dengan berita ibu-ibu pingsan karena rebutan beras dan disiarkan di televisi...

--------------------#

Tulisan di atas hanyalah sebuah opini+uneg-uneg , sebagai share dari saya tentang "bagaimana mengembangkan ide menulis, dan selanjutnya lebih produktif menulis..."

Menulis adalah ngobrol atau berbicara yg dituangkan pada tulisan . Jika ada yg mengatakan kesulitan mencari ide menulis sebetulnya bukan idenya yg sulit , tapi itu permasalahan motivasi diri masing-masing tentang "kenapa menulis/ngeblog, untuk apa menulis, juga misi-visi dalam menulis" , saya pernah posting :Apa visi atau tujuan paling utama anda ngeblog? 

Apa yang sebaiknya ditulis..?

Blog atau ngeblog adalah "suatu catatan-catatan secara periodik yang di arsipkan di internet" . Jadi menurut saya ,dalam ngeblog , apa yang sebaiknya di tulis adalah "Apa saja yang kira-kira menurut kita sesuatu yang perlu di arsipkan dan bisa bermanfaat jika di baca orang lain baik sekarang maupun nanti pada generasi mendatang, dan jika tulisan kita merupakan sesuatu yg membawa kebaikan, bukankah itu berarti amal/pahala sepanjang masa ,selama internet ada dan tulisan kita masih di baca dan membawa manfaat buat orang lain..."

Saya membuat 4 garis besar tema sebagai acuan menuangkan ide tulisan yaitu :

1- Opini, tulislah opini atau pendapat apa saja tentang kejadian baik sosial maupun politik yg kita lihat di sekitar kita , dan buat opini itu supaya bisa meng-inspirasi secara baik dan positif bagi pembaca lain.  faktor kejujuran, wawasan, disiplin ilmu kita yg menjadi ukuran nilai dari opini kita bagi pembaca lain.

2- Pengalaman pribadi , tulislah pengalaman pribadi kita yang kira-kira ceritanya bisa meng-inspirasi baik dan positif buat pembaca lain. dan ini juga merupakan diary kita yg bisa menjadi kenang-kenangan selama hidup di muka bumi secara pribadi maupun generasi anak-cucu kita mendatang .

3- Tips , tentu banyak sekali kita masing-masing memiliki berbagai pengalaman tentang cara-cara mengatasi berbagai masalah kehidupan, dari mulai cara membuang softex sampai cara membuang virus komputer , tulislah teknik-teknik pribadi kita itu yang nantinya selain bermanfaat juga akan menjadi bacaan yg enak buat orang lain  .

4- Gosip , berita-berita yg kita lihat disekitar atau yg kita lihat melalui televisi bisa kita kembangkan menjadi bacaan yg enak dibaca dan menginspirasi hal positif , dan gosip ini sepertinya memang paling laris dicari di internet , untuk mencari/menulis berita gosip cara mudahnya ,nyalakan saja televisi dan cari acara gosip, lalu tulis dengan tata bahasa sendiri...beres deh... karena banyak saja para pencari berita di internet yg belum nonton atau tak suka nonton televisi.

4 komentar:

  1. Saya memang sedang males mengembangkan ide, apalagi tanggal tua begini, kalau kata yang comment di blogku "cari inspirasi? baca SINDO" walau nyangkut di askimet masih saya selamatkan :D

    BalasHapus
  2. emang kadang2 tergiur sama opini yang sedang ramai dan akhirnya ikut2an..

    BalasHapus
  3. aku jarang ikutan tren suhu..pokonya apa yang ada dikepala dan ketemu artikel apapun yang menurutku menarik langsung aja tulis asal jadi hehehe

    BalasHapus
  4. emang yang namanya nulis tidak semudah menghisap sebatang rokok, ketika ingin langsung buka dech kotak rokok plus jress hiufp tuch rokok, tapi kalau yang namanya ngenulis ktika ingin dan mood wach masih bingung mau mulai dari mana alias ujung3nya jadi buntu lagi nich, kebetulan lagi buntu nich bro..... akhirnya srag sreg jadi juga tulisan Rekiblik Etekewer, tulisan untuk saudara3 kecilku yg dibuat gamang meniti rajutan harapanya....

    BalasHapus