Jumat

Cara mudah mendapatkan uang dari internet

seo tips dan bisnisOke, mengawali post pertama utk tahun 2009 ini saya mau posting santai... sedikit share pengalaman saya selama ngeblog selama ini , dg harapan bisa meng-inspirasi....selamat tahun baru , dan semoga semakin sukses untuk anda semuanya...

Kalimat dari judul di atas adalah yang sekitar 2-3 tahun lalu sebelum saya serius aktif ngeblog paling rajin saya searching di tiap mesin pencari, dan juga hampir tiap malam saya cari idenya, tentang bagaimana menciptakan mesin uang dengan mudah dari bisnis internet, sehingga saya bisa hidup santai dirumah ,pakai sarung + segelas coffee sambil main game atau dengerin musik di depan pc.

Dan, gimana hasilnya, apa saya mendapatkan cara tersebut..? , tentu saja jika cuma cara dan teori banyak sekali seperti yang saya katakan disini cara cepat kaya raya ,jika cuma metode ,cara membuat bom nuklir pun sejak masih di bangku SD sudah di berikan..(e=mc2). dan sudah sejak era tahun 96-an awal internet masuk dan berkembang di indonesia sy juga sudah menelusuri tentang bisnis online, tp waktu itu saya anggap alam internet ini penuh bisnis jenis scam/penipuan ,sehingga sy tak pernah tertarik terjun, sampai menginjak tahun 2006 kemarin, mulai lagi memikirkan visi lama saya untuk memiliki mesin uang online tersebut.

Ok, yang akan saya share disini sebagai tips terutama mungkin berguna untuk rekan2 pemula di alam maya yang ingin mengembangkan bisnis internet , adalah bahwa cara mudah untuk mendapatkan uang di internet memang ada dan bisa saya realisasikan, paling tidak menurut standart/pengalaman saya sendiri, karena penghasilan saya sekarang dari dunia internet sudah bisa melebihi dari penghasilan saya dulu sebelumnya dari aktivitas kerja/bisnis konvensional/offline, dan penghasilan itu dari jenis2 bisnis online yg sudah umum anda ketahui, sperti google adsense,ppc lokal,jualan link/iklan link sponsor ,reseller,friendfider ,ptr..

Sekarang saya seorang diri mengelola 16 website + beberapa buah blog santai seperti blog ini dan tiap blog memiliki konten/tema yang berlainan satu sama lain, dan setiap blog disusun sedemikian rupa untuk saling mendukung, baik traffic maupun bisnisnya dengan yang lain. Artinya sebelum sampai tahap sekarang ,selama 2 tahun ini saya bekerja keras mengelola blog, membuat konten, mencari traffic , jadi menurut pengalaman saya cara mudah mencari uang dari internet itu ada dan bisa diraih, tapi untuk merealisasikan cara itu tidak mudah, perlu kerja keras dan kesungguhan. Di kehidupan keras persaingan spt di Jakarta saya sampai berani meninggalkan/berhenti kerja sebagai orang kantoran demi keinginan merealisasikan bisnis online tersebut ,yg merupakan visi saya sejak lama.

Ada beberapa hal pokok sebagai GBHN (garis-garis besar haluan ngeblog) yang saya kembangkan sebagai acuan, yaitu:

1- Konsentrasi membangun konten/artikel yang informatif dan bermanfaat, seputar tips dan tutorial atau informasi yang saya tahu.

2- Konsentrasi mengembangkan teknik atau seni SEO (search engine optimization), untuk mendatangkan traffic.

3- Setelah 2 hal di atas cukup memadai untuk memenuhi kredibilitas website/blog kita di dunia internet, baru saya berfikir untuk memonetisi (monetizing site) ,supaya web/blog yang kita bangun punya penghasilan.

4- PPC seperti google adsense atau ppc lokal adalah sebuah konsep paling sederhana dan potensial untuk menjadi mesin uang di blog/web ,saya katakan sederhana karena memang praktis saja polanya , yaitu: Jika ingin penghasilan dari ppc lebih tinggi maka harus banyak mendapat klik, dan untuk mendapat banyak klik maka harus memiliki banyak traffic pengunjung, jadi setelah web di pasangi ppc maka tinggal konsentrasi memaksimalkan traffic .Jadi ppc ini paling sederhana tapi juga bisa di katakan paling membutuhkan perjuangan berat , untuk pemula saya merekomendasikan untuk menjadi mahir/expert di bidang ppc ,karena jika mahir ppc maka secara umum akan lebih mudah untuk nejalankan jenis bisnis internet yang lain , memang untuk sukses di bisnis online sepertinya tak ada pilihan selain mem-branding diri kita untuk menjadi expert. tips untuk ppc bisa baca posting yang ini : trik meningkatkan pendapatan ppc.

5. Buat saya jika untuk memulai menekuni bisnis internet dengan di mulai dari memikirkan bisnisnya, bisnis apa yang paling oke, untungnya, dan sejenisnya tanpa lebih dulu mengembangkan konten dan teknik SEO ,adalah ibarat berusaha membangun gedung bertingkat tanpa memperhatikan pondasinya (kalaupun dipaksakan jadi maka gedung itu sangat rapuh, mudah runtuh, dan akhirnya malah rugi, trial n error ) , dan pendapat saya ini juga sama dengan pendapat para online marketer yg sudah terkenal kesuksesanya seperti mike filsaime ,darren rowse ,dan lainnya.

6- Dalam mencoba suatu bisnis online untuk pemula ,tak perlu terlalu banyak pertimbangan ,ini dan itu ,lebih baik coba dan jalani dan lihat hasilnya, jika cocok dan nampak ber-prospek masa depan bagus, maka lanjut dan kembangkan sungguh2, jika tidak cabut segera tak perlu larut pada yg kurang jelas, karena masih banyak sekali sumber uang di internet yg menunggu tangan-tangan proffesional untuk di realisasikan.

7-Sudah dulu ...mungkin nex time bisa di sambung lagi..semoga sedikit cerita pengalaman saya ini bisa menjadi inspirasi bagi yg memerlukan , dan meski pengalaman serta yang saya raih belum seberapa di banding webmaster/publisher lain yg sukses, tak apa toh... tak harus menjadi seorang sukses atau expert dulu untuk sharing dan berbagi..


Dan berikut untuk pelengkap informasi buat yang mau cari uang dari dunia afiliasi (affiliate amrketing) yang saya salin dari situsnya rekan blogger yudhitech.com

20 Program-program affiliate terbaik

20. Bridaluxe

Adalah jaringan affiliate program yang mengkhususkan diri pada produk-produk pernikahan. Jika kamu suka dengan pernikahan maka ini sangat cocok buat kamu ikuti.

19. AdCommunal/AdCanadian

AdCommunal adalah bagian dari jaringan AdCanadian dan yang terbaik di industri internet marketing hingga hari ini.

18. RevenueWire

Khusus menjual produk-produk digital. Mengusung konsep perdagangan produk yang berkelanjutan dan beretika dalam menjual.

17. Webgains

Berdiri sejak tahun 2004 dan merupakan bagian dari grup pepper media. Iklan produk dari Webgains bisa disaksikan di lebih dari 50 negara di dunia.

16. Zanox

Adalah yang terbesar di Eropa. Bagian dari jaringan Axel Springer News and Media Group di Jerman.

15. Affiliate Future

Affiliate Future mengklaim adalah yang terbesar di Inggris untuk penyedia konten produk affiliate, dengan nilai transaksi lebih dari 130 juta poundsterling di tahun 2007.

14. Pepperjam

Jika Anda kehilangan trafik baik di blog atau situs tempat Anda promosi produk umumnya akan ditegur oleh penyedia affiliate program. Namun tidak dengan Pepperjam yang masih setia melayani Anda walaupun dengan trafik yang sedikit.

13. Advertising.com

Mengkalim lebih dari 2 milyar impresi perhari dalam melayani iklan produk diberbagai situs. Ini tampaknya layak untuk Anda ikuti namun perlu diteliti terlebih dahulu sebelum bergabung.

12. LinkConnector

Sebuah program affiliate baru yang mengklaim memiliki cara penilaian yang berbeda mengenai filosofi menjual produk.

11. eBay Partner Network

eBay adalah sebuah nama besar didunia lelang dan punya program affiliate yang perlu diperhitungkan. eBay Partner Network menganut sistem QCP (Quality Click Pricing).

10. TradeDoubler

Berasal dari negara Swedia dan saat ini sudah ada 18 jaringan market besar yang berbeda di Eropa.

9. AvantLink

AvantLink sangat professional dalam memanajemen sistem program affiliate-nya. Anda akan sangat terbantu dengan adanya sistem tersebut.

8. Google Affiliate Network

Jika kamu pemula dan menemui kesulitan untuk gabung di program affiliate lain, maka bergabung dengan Google Affiliate Network adalah jawabannya. Sangat mudah disetujui untuk bergabung dan bisa menemukan berbagai program affiliate yang populer.

7. Amazon

Sejauh ini Amazon menawarkan persentase keuntungan yang paling kecil diantara yang lainnya. Namun sistem pelaporan dan popularitas Amazon akan mendongkrak teknik penjualan Anda dan kabarnya mengalahkan program affiliate lain yang lebih besar.

6. LinkShare

Dimiliki oleh perusahaan asal Jepang, Rakuten. Tersedia banyak pilihan bahasa populer dunia untuk memudahkan kita menentukan pilihan terbaik dalam menjual produk.

5. oneNetworkDirect

Adalah program affiliate terbesar untuk kategori software. Banyak perusahaan software terkemuka bisa kamu temukan disini lengkap dengan produk yang siap dijual. Sangat mudah untuk membuat promosi karena dibantu oleh sistem yang sangat canggih. oneNetworkDirect memiliki banyak kantor diberbagai negara yang siap untuk membantu Anda menjual produk.

4. Affiliate Window/buy.at

Merupakan program affiliate terbesar di Inggris. Didukung penuh oleh banyak program affiliate di wilayah Eropa.

3. ShareASale

ShareASale adalah yang terbaik dari seluruh kategori untuk performance. Berbagai program affiliate dapat Anda temukan di ShareASale.

2. Commission Junction (CJ)

CJ adalah yang terbaik jika Anda mencari beragam program affiliate dari banyak perusahaan ternama dunia. Dengan interface yang mudah maka bisa dengan cepat kita bergabung dan mempromosikan produk-produk pilihan. CJ adalah pilihan tepat yang merupakan keseimbangan antara Merchant, Network dan Affiliate itu sendiri.

1. ClickBank

Ini dia yang terbaik dari sekian banyak program affiliate yang ada. Wajib kamu ikuti dan sangat penting untuk diperhatikan karena banyak sekali program bagus berada dijaringan ClickBank. Awalnya ClickBank tidak terbuka untuk orang Indonesia, namun saat ini sudah terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung.


Artikel yang berhubungan dengan post ini:
- SEO untuk cari duit
- SEO dan Rahasia menghasilkan uang dari blog
- Cara menghasilkan uang lewat blog



14 komentar:

  1. wah...PERTAMAX....nih
    tips nya boleh juga nih

    BalasHapus
  2. Anonim11:17

    wah makasih kang atas tipnya akan selalu saya inget kang

    BalasHapus
  3. Anonim15:35

    tipsnya mesti konsentrasi yah?wah ini nih yang susah tuk dijalanin. " lemah di konsen"

    BalasHapus
  4. Anonim18:22

    mantap bener wan penjelasanmu, pokoke semoga awal tahun ini memberikan hasil yang lebih bagus dari tahun sebelumnya ya suhu. sukses selalu buat suhu.

    BalasHapus
  5. banyak banget blog yg diolah mas. pantes sampai lupa ngolah dian*gubrak!*

    BalasHapus
  6. Anonim02:41

    Saya termasuk yang kalo sudah bisa ya berhenti :)
    Awal tahun semoga menjadi awal yang baik untuk kita semua.
    Saya kadang lupa untuk konsisten terhadap benang merah konten blog, perlu banyak membaca terutama disini.
    Btw asyik juga jd follower yg bersandingan dgn sang suhu (langkah seo) thanks :)

    BalasHapus
  7. Anonim09:00

    saya setuju dangan mas...
    memang tidak mudah melakukan bisnis di internet..
    apalagi tanpa usaha dan kerjakeras..
    terbukti pada saya ssat ini.. saya buru mulai mencoba menggeluti dunia ini ternyata memang tidakmudah...

    mampir juga di http://sherlockzone.co.cc
    'n jgn lupa komentarnya..
    terimakasih..

    BalasHapus
  8. Anonim09:07

    Kalau saya orangnya susah fokus, jadinya hasil yang saya dapat kurang maksimal.

    BalasHapus
  9. Anonim23:57

    kagum juga membacanya, sekaligus tanpa disadari, sy melakukan intripeksi. mas kalau boleh tau apa seh kendala yang Teknis yang dialami selamaa membangun blog? (selain faktor diri sendiri yah)

    saya tertarik cara mas Iwan membangun konten, ada tipsnya ngga mas?

    salam blogging

    BalasHapus
  10. Anonim05:55

    @Fadly
    Hampir semua tulisan saya ,terutama masalah tutorial dan tips adalah refleksi dari pengalaman nyata saya yg di tuangkan dalam bentuk tulisan/artikel.

    jadi tips dari saya (bukan menggurui , tapi sharing) supaya bisa membangun konten yg kuat dan sukses di dunia maya, adalah : di mulai dari bahan/masalah/ide, yang paling kita kuasai betul ,lebih bagus lagi paling di minati/disukai.lalu pindahkan ide itu ke dunia internet, lalu dukung dengan teknik seo...selesai.
    kemampuan menulis dan menuangkan ide ibarat alat kerja, dan SEO adalah ibarat kendaraan yg akan membuat semuanya lebih cepat dan mudah.

    kira2 gt aja basic-nya kompleksnya, kita saling share aja step by step sesuai permasalahan konkritnya, di komentar blog ini.

    buat saya kendala dalam ngeblog bukan masalah, karena kendala itulah guru terbaik.

    gt dulu ya :)

    BalasHapus
  11. Anonim20:22

    Terima kasih, anda benar - benar orang yang murah hati, mau berbagi tips dg kita yg masih baru.
    jg Lupa tengokin di :
    http://berandakangopik.blogspot.com
    ksh komentar ya...
    Makasiiihhh....

    BalasHapus
  12. Anonim22:25

    terima kasih mas atas artikelnya, membuat semangat saya kembali berkobar untuk kembali fokus ketujuan utama saya..Oh yah mas kalo sempet mampir yah ketempatku dan tolong kasih komentar tentang tempatku itu baik komentar yg buruk maupun yng nga buruk. karna bagiku komentar yang baik maupun yang buruk sama baiknya untuk menuju sebuah kesuksesan di masa yang akan datang.http://kilometer-17.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Wah, wah. Ternyata udah lama nge-blog ya Mas???

    Hehee. Pantas disebut blogger master nich.


    Keep success Mas. Maju terus pantang mundur...

    BalasHapus
  14. wah salut sama master yg satu ini. masih mau berbagi2x tips buat para pemula ngga mikirin kesuksesan sendiri :)
    thanks suhu

    BalasHapus