Kamis

Akhirnya Adsense Mau Menari Kecak di Indonesia

Yeah...akhirnya terhitung tanggal 1 Februari 2012 kemarin si Google Adsense secara resmi bersedia menari kecak di Indonesia. Seperti diketahui bahwa dulu sebelumnya adsense telah beberapa kali maju-mundur dalam mengaprove situs konten Indonesia, dan sekarang nampaknya sudah nggak plin-plan lagi.

Mendaftar Adsense dengan situs konten Indonesia
Pada prinsipnya, supaya situs kita diaprove menjadi publisher google adsense baik dalam konten Indonesia atau konten bahasa manapun tentunya sama saja, yaitu kualitas konten.

Seperti apa kualitas konten yang disukai google dan adsensenya itu...? , yaitu konten yang dibuat dan dikomposisikan untuk para manusia, bukan untuk search engine. Tentu ini tidak diartikan bahwa kita mesti membuat konten yang tidak SEO Friendly, ada perbedaan yang signifikan antara teknik SEO terbaik yang direkomendasikan oleh google dengan SEO Jablay, SEO kerbau, atau jablay generator yang cuma cenderung membombardir keyword supaya di-indeks oleh search engine.

Kesalahan Umum
Suatu kesalahan umum yang suka dilakukan pemula ketika mengkonfigurasi website untuk didaftarkan ke google adsense adalah penerapan SEO jablay itu tadi, mereka melakukan riset keywords dan lalu menemukan suatu keyword yang dipikir banyak pencarinya dan disukai google, misal keyword home design, lalu membeli nama domain "homedesigns2345.com" lalu dipenuhilah isi situs tersebut dengan banyak mengulang-ulang phrase "home designs", seperti itulah yang dianggap oleh google sebagai upaya membuat konten untuk mesin pencari, bukan untuk manusia.

Solusi Terbaik
Berdasarkan kesalahan umum di atas, maka solusi terbaik jika ingin membuat website atau blog supaya diaprove oleh adsense adalah dengan mengambil tema universal, maka dari itu sebuah personal web page atau blog pribadi bisa dijadikan pilihan, karena secara termnologis google adsense memang direkomendasikan kepada halaman-halaman personal sebagai pengidentifikasi personalitas dan tanggung-jawab pemilik situs dan account adsense-nya, dan selanjutnya masalah pemasangan iklan adsensenya bisa dipasang dimana saja suka-suka kita (asal bukan di halaman situs yg melanggar tos)

Kesimpulan
Maka kesimpulan seputar keperluan mendaftarkan web ke google adsense dan implementasinya ini adalah:
  1. Mendaftarlah ke Goolge Adsense, dengan website/blog personal yang sudah diisi dengan konten-konten bermanfaat dan dicari orang, disini lupakan masalah teknik SEO, tapi menulislah secara natural, kalau mau optimasi SEO, lakukan secara lebih natural, atau bisa konsultasikan kepada SEO konsultan yang anda percaya, katakan kepadanya bahwa anda ingin "menyiapkan web/blog khusus untuk keperluan mendaftar google adense", bukan yang lain-lain, karena biasanya pihak SEO konsultan defaultnya tidak bertanggung jawab terhadap isi konten anda secara keseluruhan (apakah konten anda penuh bom keywords atau hasil copas), melainkan hanya mengoptimasi keyword yang anda targetkan supaya memenangkan pencarian. Jadi, SEO friendly belum tentu adsese friendly, jika tidak dipersiapkan dari awal, karena sebuah optimasi SEO bisa saja dilakukan tanpa melakukan interaksi langsung kepada halaman situs yang dioptimasi.
  2. Maksimalkan pendaptan Adsense dengan website-website lain - Nah, jika web personal anda tadi sudah diaprove, disinilah anda bisa menerapkan teknik SEO jablay untuk membidik berbagai macam keywords dan mendatangkan trafik pengunjung darinya. Agak membombardir keywords tidak masalah asal isi kontenya tidak melanggar TOS. Secara umum, memang kebanyakan publisher adsense mengacu pada poin 2 ini, yaitu lebih mengembangkan pendapatan dari klik adsense dengan memperbanyak situs-situs lain, diluar situs utama yang didaftarkan ke adsense tadi.

Oke, diatas sekedar opini berdasarkan pengalaman saya dengan tanpa membuka kitab suci google webmaster guidelines, mohon ma'af jika ada kesalahan dan kurang-lebih didalamnya....Selamat berburu dollar dengan Adsense Indoensia


6 komentar:

  1. wah bener gan, ane dah bisa masuk akun adsense, tp masih masa review, dri tanggal 3 feb ampe sekarang blum diaprove jg. apakah ane salah menghilangkan navbar? jika iya aku kembalikan lagi aj. :D

    BalasHapus
  2. @sejuta trik

    menghilangkan navbar? , emang daftarnya pake blogspot...? terakhir yg saya tahu, udah nggak bisa daftar pake domain gratisan spt blogspot, apa skrg udah bisa lagi..?

    BalasHapus
  3. emang skarang lama yaaa aprovenya udah 2 kali ni ke banned gak seperti biasanya nek daftar adsen

    BalasHapus
  4. gmn ya rasanya mainan adsense... lom brani neh masih newbie saya.

    BalasHapus
  5. alhamdulillah blogger indonesia mendapat perhatian dari simbah

    BalasHapus
  6. Setuju banget ama artikel ini...banyak yg hanya ngejar keyword...bukan mengedepankan konten..

    BalasHapus