Senin

SEO for blogger blogspot - dasar optimasi template

Lagi mau ngomongin seo untuk blogger pengguna blogspot , kalau yang pake wordpress secara dasar/default sudah sangat seo friendly , apalagi yg hosting sendiri bisa memanfaatkan berbagai plugins canggih yg banyak di sediakan secara gratis. Saya membahas ini karena dapat wangsit dari mas google bahwa sekarang2 ini masalah seo blogspot ini lagi hangat-hangatnya di alam internet indonesia.

Secara basic sebuah blog-blogspot sudah bisa dibilang memenuhi persyaratan SEO , sebagai contoh, misalnya kita membuat blog bl0gsp0t baru dan lalu posting sekitar 3-7 artikel orisinil maka tak lama sekitar 1-7 hari akan ter-indeks bahkan bisa memiliki ranking bagus di search engine terutama google , meskipun dengan blog-baru tersebut tak melakukan aksi perseoan apapun, seperti mendaftar di search-engine! atau lainnya..., tapi coba anda menggunakan domain+hosting sendiri , membuat konten tanpa melakukan pendafataran ke mesin-pencari dan berbagai optimasi seo lainnya , menurut pengalaman saya, sampai 4 bulan belum di kenali search-engines . kenapa bisa begitu tentu kita tau karena blogger berada dalam autorisasi google sendiri, dan secara teknis, karena faktor url (blogspot) yg sudah di kenali setiap mesin-pencar1 .

Standart template yang di berikan pihak blogger.com secara gratis tersebut komposisi-nya dibuat bukan untuk seo-friendly ,melainkan human-friendly ,yaitu disain-nya mengacu pada kepentingan pencari informasi/pengunjung . karena semua sret enjin memang menghendaki setiap blogger-webmaster membuat konten yang baik secara informasi dan manfaatnya untuk pembaca , bukan untuk sekedar ter-indeks dengan suatu "keyword".

Tips sederhana saja, untuk merubah default blogspot template menjadi seofriendly ada 2 arah optimasi sebagai acuan melakukan tweaking yakni:

xx- Mengacu pada judul blog atau title h1 , ini adalah jenis standart yang mana akan menghasilkan seo secara maksimal jika anatara title,deskripsi, dan konten/artikel adalah sambung-menyambung menjadi satu , atau suatu bentuk blog dengan konten ter-spesialisasi , untuk hal ini sudah sering dibahas di free-7.net ini, jadi langsung aja langkah tweak-code nya:
- Login ke dasbor-blogger anda - edit HTML -Centang Expand Widget , ada 5 class penting berikut:
1- .post , class ini headline/judul posting, defaultnya merupakan tag h3 (.post h3) , maka rubah menjadi .post h2 , karena h1 adalah title , supaya spiders langsung menangkap judul post setelah melewati judul blog/t1tle. urutan si crawler kan : url domain - h1 -h2 -h3 ...seterusnya..karena dia mesin yg kerjanya berdasar sistemisasi matematika...kalau orang kan ga peduli angka, biar ngumpet kalau bokep di ubek teruss... :D
2- .sidebar h2 ,deafaulnya class h2 , lalu rubah menjadi .sidebar h3 , atau di ganti h4 atau h-berapa aja boleh , kalau emang di anggap yg ada di sidebar nggak penting :D
3- h2.date-header , ganti menjadi h4.date-header aja atau h5...h6 ...tak penting toh tanggal artikel di kenali search-engine.
4- #comments sebaiknya ada pad #comments h3 , atau h4 ,h5 ..tak penting kan isi komen di indeks , kalau anda anggap penting ya, rubah aja menjadi #comments h2 , kalau perlu h1 ...:D
5 - #footer , pada bagian ini macam-macam , ada yang menggunakan #footer h2 , h3 , ada juga yg tak menggunakan tag , biasanya penekanan HTML tag disini cuma untuk judul footer aja , jadi pastikan bukan pada tag penting, misalnya h2, atau h3 , nggak pake tag/penekanan juga boleh, jika memang wilayah footer ini tak penting untuk di indeks search engine.

xxx - Mengacu pada judul artikel/posting (headline post) , langkah tweak nya seperti 5 langkah di atas lalu tambahkan berikut :
1 - Lihat ke daerah header pada kode berikut <title><data:blog.title/></title>
2- ganti kode di atas dengan berikut :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Cara melakukan oprek (jangan lupa centang expand widget) , ada 2 wilayah , yaitu:

1- Daerah diantara tag <head> dan </head> ini adalah wilayah mendefinisikan kode.
2- Daerah diantara tag <body> dan </body> in1 w1layah penerapan k0de , contoh : jika merubah tag .post h3 ,maka jangan lupa merubah pula pada wilayah body <h3 class='post-title entry-title'> dan penutup tag </3> , dalam contoh diatas kan dirubah menjadi h2 , begitu juga jika ada kode-kode yang perhubungan dengan .post ini misalnya di bawah ini:
.post h3 a, .post h3 a:visited, .post h3 strong {
display:block;
text-decoration:none;
font-size:125%;
color:#95710;
font-weight:bold;
}
.post h3 strong, .post h3 a:hover {
color: #D6421B;
}
...semua kode di atas kan juga harus disesuaikan menjadi h2, begitu juga kode2 bagian lain, seperti side bar atau footer.


Ok, itu aja dulu deh, dah terlalu panjang tulisan ini, hati2 melakukan tweak jangan sampai malah bikin error, jadi sebaiknya lakukan backup template dulu , jika ada pertanyaan atau yg berhubungan bisa diskusikan pada kolom komentar aja . kalau ada yg error atau nggak beres dengan tips saya ini , saya tanggung jawab untuk mengarahkan, tapi jangan salahkan saya, karena tweak di atas sudah sy lakukan bertahun2 di puluhan template, dan tak ada masalah, So, lakukan dengan cermat dan teliti.

7 komentar:

  1. Jika dalam sebuah artikel kita mengunakan h1 dalam suatu kalimat, bingung ngak paman google atau malah menguatkan suatu artikel tersebut karena code h1 tadi...tapi saya lihat pada suatu artikel ngak extrime h1 deh mentok paling h3 yang dia pakek atau cetak tebal...menurut anda mas

    BalasHapus
  2. free701:37

    sebetulnya pemakaian banyak h1 tak masalah, para peseo senior emang sangat memanfaatkan h1 ini. hanya tak direkomendasikan bagi pemula karena akan mendidik ke-arah spammer . kalau masalah ukuran font h1-nya kan bisa di atur gede-kecilnya.

    BalasHapus
  3. ok om saya langsung praktek deh buat ikutan kontes

    BalasHapus
  4. waaaahh, thanks mas atas jurus template nya... saya coba ah.. keep share and sukses selalu yow mas...

    BalasHapus
  5. benar-benar jenius.... cuma masih bingung masalah h1-h2-h3, masih perlu belajar lagi nih

    BalasHapus
  6. thx sob pencerahannya..
    pengen ngoprek2 tapi belum sempet nih..

    BalasHapus
  7. waw,, good2 ^^ sedikit menambah ilmu seo lagi ^^ akan dicoba untuk mempraktekkan ^^

    BalasHapus