Senin

SEO dan menulis ngeblog

Sering saya mendengar ungkapan beberapa rekan blogger yang mengatakan ," Ah, pusing mikirin gimana dapat ter-indeks di 5 besar google", atau " nggak usah mikirin SEO deh ,mumet , yang penting nulis aja dan nulis".....

Apa sebenarnya masalahnya? , Apa itu artinya para blogger itu Otaknya tidak mampu memikirkan kerumitan ber-SEO ria? , menurut saya jawabanya cenderung bukan begitu, tapi itu artinya bukti eksistensi dirinya sebagai seorang blogger yang sebenarnya muncul.

Karena memang dari kronologi sejarah dan proses terbentuk-nya seorang blogger ,ngeblog adalah dalam rangka membuat pencatatan-pencatatan secara periodik untuk berbagai keperluan-nya , tahun-tahun dulu juga saya membuat blog cuma buat meng-arsipkan berbagai catatan dan link-link untuk keperluan saya online dan isinya macam-macam ,tidak mengacu pada satu tema, dan tentu tidak memikirkan SEO. mengenai apa itu blog saya pernah posting di link ini.

Dalam kita menulis, bila kita mengikuti aturan konsep perseoan ,misalnya judul dan deskripsi blog kita tentang Ternak Ayam Kampung , tentu jangan mengulang-ngulang kata "Sandra Devi" atau Presiden SBY sebanyak 5 kali berturut-turut dalam satu posting dan dalam konten keseluruhan , dan juga tentunya jangan memposting tema yang keluar dari tema blog kita Ternak Ayam Kampung tadi . tapi namanya ngeblog kadang kita perlu ber-improvisasi supaya tulisan tidak monoton di baca oleh yang lain ,dan kadang juga perlu menumpahkan uneg-uneg lewat tulisan....betul ya? :D saya sendiri kadang menulis tema semau-nya saja , nggak mikir keluar dari tema utama atau tidak .

Jadi inti masalah-nya jika kita ngeblog dalam artian tujuan-nya ingin meng-eksplorasi pemikiran-pemikiran secara apa adanya dan maksimal , maka perseoan harus tidak di pedulikan (ter-indeks di google syukur, nggak ya sudah) , kalo perlu buat sugesti " jangan saya terus di suruh ikutin aturan main google, google yang harus ikutin pola saya", hehehe , dasa blogger provokator :D

Karena memang kenyataanya seorang blogger yang setengah mikir SEO dan setengah mikirin konten ,alias semuanya setengah-setengah, malah nggak karuan arah dan makna konten-nya alias nggak ada ciri khas dan bobot-nya dan parah-nya lagi nggak berarti dan bermanfa'at buat diri-nya sendiri dan orang lain, tentu di sini bisa termasuk diri saya sendiri, pikiran dan biaya internet sia-sia :D

Kalu bicara traffic-pun tidak jaminan blogger yang menerapkan SEO secara baik traffic-nya lebih tinggi di banding blogger yang mencari traffic-nya dengan rajin blogwalking , banyak sekali bukti-nya tuh . Jadi memang banyak solusi lain selain teknik-perseoan dalam rangka mencari pengunjung ini, kalau mau pasang iklan di TV pasti lebih TOP lagi.

Yap, mau idealis mengikuti kata hati atau tidak idealis mengikuti google cuma anda sendiri yang tau yang terbaik paling tidak buat diri anda sendiri ,dan dalam ngeblog tidak ada yang melarang dan sama baik-nya.

Semoga bermanfa'at

Iwan Rachmanto

1 komentar:

  1. Saya pilih yang idealis ngikuti google...
    Tulisan yang sangat mengena malah sebagai sindiran buat saya yang hanya setengah bloggger ini
    Matur nuwun masukannya ...

    BalasHapus