Selasa

Cara install wordpress ke cpanel

Saya tulis ini atas request seorang teman, dan mungkin memang berguna bagi pemula yg baru mau menggunakan hosting sendiri .

Jika hosting provider anda menyediakan fasilitas fantastico , masalah install wordpress ini akan mudah ,anda tinggal login ke cpanel ,klik ikon fantastico ,install worsdpress ,selesai lalu anda tinggal mengganti theme wp krn di sini masih pake theme classic, tapi masalahnya juga belum tentu hosting anda sudah menyediakan versi worpress yang terbaru , saat sy tulis ini versi.2.5.1 , tentu anda ingin menggunakan yang terbaru bukan ? gratis ini , jadi sedikit panduan manual yg mau saya tulis ini semoga bisa bermanfa'at.
Fantastico adalah fitur layanan di cpanel hosting untuk meng-install berbagai aplikasi web seperti WP, Joomla,drupal...etc, dengan instan, praktis, mudah. tapi bagi pemula dan utk tujuan jangka panjang sebaiknya berusaha memahami paling tidak seperlunya seluk beluk pemrograman dan server yang di pakai supaya mudah mengembangkan web-nya dan jika ada trouble bisa mengatasi sendiri , karena kesalahan script bisa membuat error bahkan menghapus database anda , apalagi servernya nggak tangguh..

Oke, dalam rangka belajar wordpress langsung saja ini gambaran umum tiap hosting provider paling beda-beda dikit ,yg penting di pahami maksudnya sama : lanjutkan membaca

1. Login ke cpanel hosting anda lalu cari di situ menu MySQL atau MySQL Wizard ,lalu cari Current Databasese dan masukkan nama database yg ingin anda buat pada kolom New Database. Misal, wp1 ,lalu klik create database.
Ini penting di ingat untuk nantinya, database yg anda buat tadi akan punya format nama usernamehosting_databasename. jadi misalnya usernamehosting anda adalah :dodol dan database yg baru anda buat adalah wp1 maka nama database anda adalah dodol_wp1.
-Lalu pada bagian current users isi username juga password sesuai keinginan anda ,dan bila ada bisa juga meng-klik tombol generate password (bila anda memakai tombol ini copy-paste password yg terbuat ke notepad dan simpan) , dan hasilnya ,username akan memiliki format usernamehosting_usernamedatabase. seperti database di atas.
-Lalu centang checkbox priviledge all dan klik add users to your databases.


-Anda ingat dan simpan yg tadi anda buat, nama database ,nama user , password .kalau perlu saat anda membuat langsung copy-paste ke notepad dan simpan, ini akan penting di gunakan nantinya .
Langkah awal membuat database selesai.

2. Dalam panduan ini saya mau menggunakan file zilla utk mengupload file ke server (ftp yg lain prinsipnya sama) , jika belum punya download di sini, lalu extract dan insttal di PC anda .file zilla ini ukuran file-nya kecil jd semua proses cm bbrp menit.
3. Lalu download wordpress versi terbaru di sini , lalu extract . lalu cari di dalam folder wordpress file wp-config-sample.php ,lalu rename menjadi wp-config.php (klik-kanan rename).
-lalu buka file wp-config.php itu menggunakan notepad (klik-kanan, open with - notepad).
-lihat pada bagian atas ,edit string : putyourdbnamehere di ganti nama databse yg anda buat td di cpanel , dan string:usernamehere di ganti dg username yg anda buat td juga , dan yourpasswordhere di ganti dg password yg anda buat td juga , (ingat, DB_NAME dan DB_USER adalah keseluruhan nama : usernamehosting_databasename dan usernamehosting_usernamedatabase) lalu save dan tutup.
panduan cara install wordpress
4.Buka aplikasi file zilla dengan keterangan spt gambar di bawah ini berikut urutan langkahnya:


-1. host di isi namadomain tanpa http://www. (misal :free-7.net atau dodol.com)
-2. username isi username cpanel anda
-3. password isi password cpanel anda.
-4. port isi 21
-5. lalu klik quickconnect , tunggu bbrp saat.
-6. jika sudah connect akan muncul folder home (root) lalu klik tanda + utk masuk ke folder public_html, lalu klik dan masuk ke folder public_html
-7. ambil file dan folder wordpress yg anda download tadi sehingga sub-foldernya tampak spt di jendela no.8
-8. klik-kanan pada folder wordpress - lalu klik -upload (jendela no.7).
-9. tunggu bbrp menit sampai selesai , selama upload sebaiknya jangan membuka aplikasi internet lain supaya proses upload lancar dan tidak ada file corupt.

5. Jika upload sudah selesai, buka browser anda dan ketikan namadomain/wp-admin/install.php , lalu GO (misal: dodol.com/wp-admin/install.php) , muncul spt gambar di bawah ini isikan Weblog Title : sesuka anda dan Your e-mail : email sesuka anda , lalu klik continue to second step .
cara install wordpress ke hosting
6. Yap selesai , spt tampilan di bawah username dan password anda telah di generate dan gunakan untuk login ke account WP anda , nanti anda bisa menggantinya di menu dasboard WP anda atau menambah author baru. alamat login adalah namadomain/wp-admin ( ketikan di browser misalnya : dodol.com/wp-admin).

7. Wordpress anda sudah jadi tapi masih menggunakan theme classic, untuk menggantinya silahkan cari dan download di sini lalu extract dan upload menggunakan file zilla seperti di atas caranya ,tapi jangan ke folder public_html spt jendela no.6 , tapi ke public_html/wp-content/themes, jadi pada jendela no.6 , folder themes yg harus di aktifkan.
cara install wordpress
8. Untuk meng-install plugins, tentu pada jendela no.6 ,masuk ke folder: public_html/wp-content/plugins,....bila masih ada masalah seputar instalasi ini silahkan konfirmasi ke komentar di sini , mudah-mudahan sy bisa bantu.

SEKILAS INFO:
lagi klak-klik photoshop bikin screenshoot , tiba2 nemu pic Nia Ramadani , dan lihat wajahnya langsung ingat temen sy Lilik yg request posting ini mirip :D dan jadilah banner di bawah ini ,sy pasang di sidebar buat nyaingi banner anti korupsi di sidebar-nya :D

jangan bugil




Semoga bermanfa'at
Iwan Rachmanto

11 komentar:

  1. Anonim11:48

    Tambah ilmu lagi buat belajar wordpress, Thanks Bang Iwan

    BalasHapus
  2. Anonim02:10

    terima kasih om,...
    sangat membantu sekali infonya
    maklum baru belajar WP nich,.. hehehe :)
    sukses terus ya om,..?

    BalasHapus
  3. Anonim22:22

    makaseh yah bos.. aku dah jd neh..

    BalasHapus
  4. Anonim22:25

    eh ini link blog wp saya yg dah jd

    BalasHapus
  5. thankyu bos, saya coba dulu, masalahnya baru mo belajar ne.Izin copy ya! eh btw klo install file wordpress di pc gimana, mas!

    BalasHapus
  6. Anonim04:55

    ini nih yang saya cari2.. thanks mas buat tutorial nya..

    BalasHapus
  7. Anonim22:50

    tq banget buat postingannya, sangat membantu

    BalasHapus
  8. Anonim21:29

    thx mas postingan ne bagus jelas banget ngerti wordpress

    BalasHapus
  9. thx banget mas info'a. mumpung gw lg belajar2 WP ni.

    BalasHapus
  10. posting lawas, tapi ini baru gue butuhkan, bener2 berguna, thanks bro...!!

    BalasHapus
  11. WordCamp Indonesia 2010, 2nd Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts A Celebration of All Things WordPress will be held on Saturday, January 30, 2010 Auditorium, Gunadarma University Depok ^_^

    BalasHapus